News SMP

Home / News SMP


WE ARE A CREATIVE GENERATION AND GOOD ENTREPRENEURS WHO INSPIRE PEOPLE TO MAKE IMPACT TO THE WORLD

Monday, 09 May 2016




Inilah kalimat yang paling tepat digunakan sebagai slogan pada kegiatan “MARKET DAY” di SMP Bakti Mulya 400 yang dilaksanakan pada hari Senin, 2 Mei 2016 dalam rangka memperingati Hari Kartini, Hari Bumi, Hari Buku, dan Hardiknas.




Tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk insan yang memiliki jiwa wirausaha agar kelak siswa bisa menjadi entrepreneur yang kreatif, mandiri, jujur, dan sukses. Selain itu juga melatih siswa agar bisa bekerjasama menjadi teamwork yang baik dengan orang lain (dalam hal ini teman-temannya) dan kelak dapat memiliki koneksi yang luas, tidak hanya lingkup nasional, tetapi juga internasional.

Dikarenakan bertepatan dengan Hardiknas, maka kegiatan ini diawali dengan Upacara Bendera gabungan SMP dan SMA pada pukul 07.00–07.45 WIB di Lapangan Basket SMA yang dihadiri oleh siswa Kelas 7–8–10–11, dewan guru SMP–SMA, serta perwakilan dari yayasan. Setelah upacara selesai, siswa SMA kembali melanjutkan pembelajaran sedangkan siswa SMP kelas 7 dan 8 mulai mempersiapkan diri untuk kegiatan Market Day.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan dibukanya 6 buah booth bagi kelas 7 dan 8 yang telah didekor bercirikan budaya tradisional Indonesia.
Kelas 71 : Budaya Bali         Kelas 81 : Budaya Jawa
Kelas 72 : Budaya Manado Kelas 82 : Budaya Betawi
Kelas 73 : Budaya Sunda Kelas 83 : Budaya Minang

Adapun kelas 9 lebih difokuskan pada kegiatan pembelajaran dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Nasional. Masing-masing booth telah menyiapkan beraneka macam jajanan berupa makanan, minuman, pernak-pernik, dan barang-barang lainnya yang tentunya sesuai dengan tema budayanya. Kegiatan ini dikompetisikan dan Tim Juri yang memberikan penilaian dari sisi material hiasan, daya kreasi dalam mendekor dan menata barang-barang yang dijajakan, pakaian yang dikenakan, kemampuan bekerjasama, cara berkomunikasi, serta strategi penjualan.
Sekolah pun memberikan apresiasi berupa :
1) The Best of Teamwork diraih oleh Kelas 7.3
2) The Best of Creativity diraih oleh Kelas 8.2
3) The Best of Art diraih oleh Kelas 7.1 
4) The Best of Food diraih oleh Kelas 8.3
5) The Best of Costum diraih oleh Kelas 7.2
6) The Best of Communication diraih oleh Kelas 8.1 

Fashion Show busana daerah pun tidak ketinggalan, 7 pasang siswa-siswi berbusana daerah mewakili kelasnya tampil di depan stage memeragakan busana daerahnya seakan-akan berada on the catwalk.

Selain dimeriahkan oleh aneka booth dan Fashion Show berbudaya tradisional, kami juga menampilkan kemampuan para siswa Kelas Cambridge (8.1) yang menampilkan 2 buah drama tradisional berbahasa Inggris dengan judul “Chandra Kirana” dan “Si Pitung”, juga akustik band. Kelas lain pun tak mau kalah. Mereka juga menampilkan akustik band dengan lagu yang berbeda.

Bapak Ir. Masdiko Indra, sebagai Kepala SMP Bakti Mulya 400  dan Ibu Vita, selaku Ketua FKOM Unit SMP, dalam sambutannya sangat mendukung acara ini dan berharap dapat dilaksanakan kontinyu di setiap tahunnya. Semoga hal ini bisa terwujud dengan kualitas yang semakin membaik.

Seluruh kegiatan berakhir pada pukul 12.00 WIB ditutup dengan pengumuman lomba. Alhamdulillah, siswa merasa senang karena karya mereka membuahkan hasil yang positif. Banyak orang tua, guru, siswa kelas 9 yang datang membeli. Kegiatan ini pastinya bermanfaat.

    Laris manis
    Tanjung kimpul
    Dagangan laris
    Duit kumpul

Senangnya berjualan .......
Bekerja keras dengan ototmu ........
Bekerja cerdas dengan otakmu ........
Bekerja ikhlas dengan hatimu .......